Selasa, 19 Februari 2013

TUGAS PAM dan SANITASI MAKANAN


1.      Sebutkan nama perusahaan air di kota London tahun 1855 yang terkontaminasi Kolera dan mengapa?
Perusahaan air minum Southwark dan Vauxhall. Hal ini karena kedua perusahaan air minum tersebut memiliki sumber air di Sungai Thames yang telah terkontaminasi oleh virus Vibrio cholera dan mengirimkan air ke rumah-rumah dengan peningkatan insiden kolera. Pada pertengahan abad ke-19, distrik Soho London punya masalah serius dengan kotoran karena besarnya orang yang masuk dan kurangnya layanan sanitasi yang layak. Banyak ruang bawah tanah (basement) memiliki septik tank dari kotoran di bawah lantai mereka. Karena septik tank yang menduduki, pemerintah London memutuskan untuk membuang limbah ke Sungai Thames dan perusahaan air minum Southwark dan Vauxhall mengambil airnya.

2.      Apa perbedaan air tercemar dengan air terkontaminasi?
Air tercemar adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam air, dan/atau berubahnya tatanan (komposisi) air oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya. Bahan-bahan polutan bagi pencemaran air dalam bentuk pencemar fisika, kimiawi dan biologis dibagi menjadi 8 kelompok yaitu agen penyebab penyakit, limbah penghabis oksigen, bahan kimia yang larut dalam air, pupuk organik, bahan kimia organik, bahan sedimen atau suspense, bahan-bahan radioaktif, dan panas.
3.      Mengapa kebutuhan air bersih di negara industri lebih besar daripada negara berkembang?
Diperkirakan bahwa 15% air di seluruh dunia dipergunakan untuk industri. Banyak pengguna industri yang menggunakan air, termasuk pembangkit listrik yang menggunakan air untuk pendingin atau sumber energi, pemurnian bahan tambang dan minyak bumi yang menggunakan air untuk proses kimia, hingga industri manufaktur yang menggunakan air sebagai pelarut. Porsi penggunaan air untuk industri bervariasi di setiap negara, namun selalu lebih rendah dibandingkan penggunaan untuk pertanian. Air juga digunakan untuk membangkitkan energi. Pembangkit listrik tenaga air mendapatkan listrik dari air yang menggerakkan turbin air yang dihubungkan dengan generator. Pembangkit listrik tenaga air adalah pembangkit listrik yang rendah biaya produksi, tidak menghasilkan polusi, dan dapat diperbarui. Energi ini pada dasarnya disuplai oleh matahari; matahari menguapkan air di permukaan, yang lalu mengalami pengembunan di udara, turun sebagai hujan, dan air hujan mensuplai air bagi sungai yang mengaliri pembangkit listrik tenaga air. Penggunaan industrial lainnya adalah turbin uap dan penukar panas, juga sebagai pelarut bahan kimia. Karena hal tersebut di atas, banyak air sisa dari hasil industri mengandung polusi dan dibuang melalui saluran air yang ada, sehingga banyak air kotor yang dihasilkan dan tidak cocok untuk dikonsumsi oleh masyarakat yang ada.

4.      Sebutkan 10 industri di Indonesia yang menghasilkan limbah panas dan berapa temperature limbah tersebut dikatakan panas?
a.       Industri kelapa sawit
b.      Industri  tapioca
c.       Industri nenas
d.      Industri karet
e.       Pabrik gula
f.       Industri makanan
g.      Petrokimia
h.      Industri B3, sperti baterai, aki, dan sebagainya
i.        Industri kaca, seperti gelas, piring, ornament-ornamen, dan sebagainya
j.        Pabrik besi

5.      Apa itu koloid?
Koloid adalah suatu bentuk campuran (sistem dispersi) dua atau lebih zat yang bersifat homogen namun memiliki ukuran partikel terdispersi yang cukup besar (1 - 100 nm), sehingga terkena efek Tyndall. Bersifat homogen berarti partikel terdispersi tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi atau gaya lain yang dikenakan kepadanya; sehingga tidak terjadi pengendapan, misalnya. Sifat homogen ini juga dimiliki oleh larutan, namun tidak dimiliki oleh campuran biasa (suspensi). Koloid mudah dijumpai di mana-mana: susu, agar-agar, tinta, sampo, serta awan merupakan contoh-contoh koloid yang dapat dijumpai sehari-hari. Sitoplasma dalam sel juga merupakan sistem koloid.

6.      Apa nama alat ukur kekeruhan air beserta satuannya?
Alat ukur kekeruhan air adalah Turbidimeter dengan satuan JTU (Jackson Turbidity Unit)

7.      Apa nama alat ukur warna air beserta satuannya?
Alat ukur warna air adalah kolorimeter dengan satuan MPN. Selain itu, warna dapat diamati secara visual /langsung ataupun diukur berdasarkan skala platinum kobalt (PtCo) dengan membandingkan warna air sample dan warna standar.

8.      Apa yang diukur oleh salinitas?
Salinitas adalah konsentrasi total ion yang terdapat di perairan. Salinitas menggambarkan padatan ttal dalam air, setelah semua karbonat dikonversi menjadi oksida, semua bromide dan iodide digantikan oleh klorida, dan semua bahan organic telah dioksidasi. Satuan g/kg atau promil. Umumnya salinitas menggambarkan tentang konsentrasi seluruh larutan garam yang diperoleh dalam air laut. Salinitas air laut sebesar 30,0-40,0. Alat pengukur tingkat salinitas adalah refraktometer.

9.      Siapa yang menemukan BOD?
Royal Komisi Sungai Polusi, yang didirikan tahun 1865 dan pembentukan Komisi Royal Pembuangan air limbah pada tahun 1898 menyebabkan pemilihan tahun 1908 BOD sebagai uji definitif untuk pencemaran organik sungai. Lima hari dipilih sebagai periode tes yang tepat karena ini adalah waktu terlama diduga bahwa air sungai diperlukan untuk perjalanan dari sumber ke muara di Inggris Pada tahun 1912, komisi juga menetapkan standar 20 BOD5 ppm sebagai konsentrasi maksimum yang diijinkan dalam limbah karya melaksanakan ke sungai, asalkan ada setidaknya cairan 08:01 tersedia pada aliran udara yang kering. Hal ini terkandung dalam 20:30 terkenal (Direksi: Suspended Solids) + standar nitrifikasi penuh yang digunakan sebagai ukuran di Inggris hingga tahun 1970 untuk pembuangan air karya kualitas efluen.

10.  Apa syarat air minum menurut Kepmenkes No. 907 tahun 2002 dan syarat air bersih menurut Permenkes No. 416 tahun 1990?
·         Syarat air minum menurut Kepmenkes No. 907 tahun 2002
a.       E. coli atau fecal coli, kadar maksimum yang diperbolehkan 0 per 100 ml sampel
b.      Kimia
i)        Bahan-bahan inorganik (yang memiliki pengaruh langsung pada kesehatan) paling banyak nitrat 50 mg/liter dan paling kecil antimony 0.005 mg/liter
ii)      Bahan-bahan inorganic (yang kemungkinan dapat menimbulkan keluhan pada konsumen) paling banyak total padatan terlarut 1000 mg/liter dan paling kecil hydrogen sulfide 0.05 mg/liter
iii)    Bahan-bahan organic (yang memiliki pengaruh langsung pada kesehatan) paling banyak 1,1,1-trichloroethane 2000 g/liter dan epichlorohydrin 0.4 g/liter
iv)    Bahan-bahan organic (yang kemungkinan dapat menimbulkan keluhan pada konsumen) paling besar xylene 20-1800 g/liter dan paling kecil 2-chorophenol 0.1-10 g/liter
v)      Pestisida paling banyak pyridate dan dichlorprop 30 g/liter dan paling kecil aldrin/dieldrin dan heptachlor 0.03 g/liter
vi)    Desinfektan dan hasil sampingannya paling besar formaldehyde 900 g/liter dan paling kecil trichloracetonitrile 1 g/liter
c.       Radioaktifitas, gross alpha activity sebesar 0.1 Bq/liter dan gross beta activity sebesar 1 Bq/liter
d.      Fisik, warna 15 TCU, tidak berbau dan berasa, temperature udara ±3ºC, dan kekeruhan 5 NTU
·         Syarat air bersih menurut Permenkes No. 416 tahun 1990
a.       Fisika, tidak berbau, TDS 1000 mg/liter, kekeruhan 5 NTU, tidak berasa, suhu udara ±3ºC, warna 15 TCU
b.      Kimia
i)        Kimia anorganik paling besar klorida 600 mg/liter dan paling kecil air raksa 0.001 mg/liter
ii)      Kimia organic paling besar KMnO4 10 mg/liter dan paling kecil hexachlorobenzene 0.000001 mg/liter
iii)    Mikrobiologik koliform 0 per 100 ml
iv)    Radioaktifitas, aktifitas alpha 0.1 Bg/liter dan aktifitas beta 1.0 Bg/liter

11.  Berapa banyaknya oksigen dalam air minum?
Oksigen yang terkandung dalam air tergantung dari suhu air yang ada.
Suhu Air
Kandungan Oksigen Terlarut (DO)
0°C
14,18 ppm
5°C
12,34 ppm
10°C
10,92 ppm
15°C
9,79 ppm
20°C
8,88 ppm
25°C
8,12 ppm
30°C
7,48 ppm
Semakin jenuh oksigen terlarut dalam air minum, semakin segar rasa air.

12.  Berapa temperatur air dikatakan normal, dingin, dan panas?
• Suhu air normal : 29 celcius
• Suhu ari mandi : 38 celcius
• Suhu air panas yang dapat dicapai : 60 celcius

13.  Apa yang menyebabkan air itu asin? Na+ atau Cl-?
Karena unsur Cl- lebih banyak, maka yang menyebabkan asin adalah Cl-.
1 liter air laut mengandung 30 g NaCl. Terdiri atas 11 g Na. Kadar Na+ dalam air laut mencapai 10.500 mg/l . Kadar klorida 250 mg/l mengakibatkan air menjadi asin. Air laut mengandung 200.000 mg/l.

14.  Bagaimana cara membuat air asin menjadi tawar? Jelaskan!
Desalinasi adalah proses yang menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi binatang, tanaman dan manusia. Seringkali proses ini juga menghasilkan garam dapur sebagai hasil sampingan. Proses desalinasi yang paling umum adalah destilasi dan osmosis terbalik.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Desalinasi

1 komentar:

Louis mengatakan...

Nice post 🥰

Posting Komentar