Senin, 18 Februari 2013

PAM dan Sanitasi Makanan - Release Agent


Release agent adalah bahan yang ditambahkan pada produk roti supaya setelah pemanggangan roti dapat dilepas dari pan pemanas dengan mudah Lemak dan komponen lemak food grade. Agen Release digunakan untuk membantu dalam pemisahan makanan dari sebuah wadah memasak setelah baking atau memanggang . Tradisional lemak atau tepung yang telah digunakan, tetapi dalam industri makanan pengolahan bahan kimia lainnya dapat digunakan. Aplikasi ini disebut rilis roti. Dalam kertas roti atau kertas tahan lemak agen rilis seperti katalis disembuhkan silikon coating rilis dapat digunakan.
Release agen biasanya diterapkan untuk wadah, mixer, truk dan bentuk tempat tidur sebelum penuangan aspal atau beton ke dalamnya. agen Release diterapkan dalam berbagai cara, termasuk menyikat, swabbing, atau penyemprotan, dan pada aplikasi bertindak sebagai penghalang fisik untuk mengurangi adhesi dari aspal atau beton ke permukaan yang relevan. Hal ini agak analog dengan penggunaan mentega atau pemendekan untuk mengurangi lengket adonan kue menjadi panci.
Agen rilis yang sering kita temui adalah  sebagian besar minyak, dan khususnya minyak biodegradable dan sebaliknya lingkungan "ramah" seperti minyak kedelai. Banyak minyak yang berbeda dapat digunakan, tetapi minyak kedelai saat ini disukai karena menyediakan karakteristik fisik yang diperlukan, ramah lingkungan, sudah tersedia, dan setidaknya dalam bentuk yang dapat diolah kembali, relatif murah.Minyak lain atau kombinasi dari minyak juga cocok. Secara khusus, agen rilis termasuk salah satu minyak nabati yang diinginkan, minyak mineral, minyak tanah, atau jenis minyak, serta kombinasinya. Contoh minyak nabati cocok selain minyak kedelai minyak canola dan minyak sawit

           FUNGSI & KEGUNAAN 
a.       Sebagai internal lubricant and mould release agent
b.      Meningkatkan productivity sehingga mengurangi cost produksi dibanding menggunakan external mould release agent (silicon spray)
c.       Mengurangi koefisien gesekan sehingga mengurangi waste
d.      Memperbaiki mechanical properties produk akhir terutama pada saat penggunaan bahan pengisi yang berlebih
e.       Mengurangi tenaga putaran screw extruder sehingga menurunkan pemakaian energi listrik
Dosis penggunaan agen rilis adalah 0.05 % - 0.2 % (500 gr - 2 kg STB-G100 untuk 1 ton bahan plastik)

 APLIKASI PRODUK DALAM BIDANG LAIN
Release agent tidak hanya digunakan sebagai bahan tambahan makanan saja namun juga dapat digunakan untuk bidang atau industry lainnya. Release agent antara lain digunakan untuk:
·         Sebagai Mould Release Agent: bahan pembebas cetakan yang dikemas dalam bentuk aerosol, tidak terurai yang membentuk carbon pada cetakan; pemeliharaan dan pembersihan cetakan berkurang dan tidak merubah warna yang muda sekalipun; menaikkan jumlah produksi sebab mencegah terjadinya lekatan – lekatan; bekerja pada suhu rendah maupun tinggi, tidak bergetar, tidak beracun dan bisa digunakan pada kelembaban tinggi.
·         Dalam beton industri konstruksi, bentuk agen rilis mencegah adhesi dari baru ditempatkan beton ke permukaan membentuk, biasanya kayu lapis ,dilapisi kayu lapis baja atau aluminium . Pada aplikasi ini, ada dua jenis agen rilis yang tersedia: penghalang dan reaktif.
·         Agen rilis reaktif secara kimiawi aktif dan bekerja dengan proses dari suatu reaksi kimia antara agen rilis dan bebas limau tersedia dalam beton segar. Sebuah film dibuat sabun yang mencegah adhesi. Karena merupakan proses kimia reaktif, ada umumnya sedikit atau tidak ada residu atau produk tidak bereaksi kiri pada permukaan membentuk atau beton yang menyediakan untuk proses lebih bersih.
·         Pada industri pembuatan kertas agen rilis digunakan untuk mendapatkan efek slip kertas dari peralatan pengolahan. Agen pembebasan dapat diterapkan pada proses gulungan (seperti silinder yankee ) atau di dalam lapisan kertas .
Beberapa kertas jenis tersebut dibuat dengan coating rilis:
f.       Release liner untuk perekat laminasi sensitif tekanan dan kaset
g.      Casting kertas
h.      Umum rilis industri kertas
i.        Food-grade rilis dan kertas kemasan
·         Agen Release, juga dikenal sebagai agen pencetakan-de, minyak bentuk, Bahan pemisah atau pemberi kebebasan bentuk, adalah zat yang digunakan dalam cetakan dan casting yang membantu dalam pemisahan cetakan dari bahan yang dicetak dan mengurangi ketidaksempurnaan di permukaan cetakan.
Penggunaan silikon release agen Dow Corning dapat membantu bisnis Anda dengan menyediakan solusi untuk pelepas cetakan, rilis die-cast, lepaskan plastik, dan ban dan lepaskan web. sifat unik termasuk:
a.       Unik struktur kimia organik seperti minyak atau malam
b.       Tegangan permukaan lebih rendah daripada kebanyakan polimer
c.        Rendah reaktivitas kimia
d.       Polaritas rendah
e.        Panas tinggi stabilitas daripada alternatif organik
f.        karakteristik ketahanan oksidasi Superior
g.        Menggunakan tarif yang lebih rendah dari organic
      ·         Mould Release Agent Paintable
Cairan formula khusus yang berfungsi untuk melumasi moulding dan mencegah agar hasil cetakan tidak menempel pada mould, tahan terhadap temperature tinggi serta dapat mencegah timbulnya arang dan kerak sehingga dapat di cat langsung.
      ·         Mould Release Agent Non Paintable
Cairan khusus yang berfungsi untuk melumasi moulding dan agar hasil cetakan tidak lengket pada mould, sehingga menghasilkan cetakan yang bagus dan rapi. Tahan terhadap temperature tinggi dan mencegah arang serta kerak pada cetakan . Tersedia juga dalam bentuk liter.

DAFTAR PUSTAKA


http://www.dowcorning.com/content/chem/chemind/. Diakses pada tanggal 19 Desember. Pukul 15.23

http://en.wikipedia.org/wiki/Release_agent. Diakses pada tanggal 19 Desember. Pukul 14.50

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20100504230959AAEM36d. Diakses pada tanggal 19 Desember 2010. Pukul 15.02



http://www.x3-prima.com/2009/08/btm.html. Diakses pada tanggal 19 Desember. Pukul 16.11

0 komentar:

Posting Komentar