Rabu, 20 Februari 2013

PERBEDAAN SOCIAL MARKETING DAN COMMERCIAL MARKETING

Criteria
Social marketing
Commercial marketing
Produk
Perubahan perilaku
Barang dan jasa
Tujuan
Peningkatan individu atau social
Peningkatan financial
Segmentasi
Kelompok/individu yang dipandang memiliki permasalahan secara sosial
Kelompok/individu yang mampu meningkatkan penjualan produk
kompetitor
Perilaku sebelumnya ataupun perilaku lain yang lebih disukai. Serta perasaan akan keuntungan perilaku tersebut
Diidentifikasi sebagai organisasi lain yang menawarkan barang/jasa sama


Dalam SM terdapat empat pendekatan utama untuk menghasilkan perubahan sosial, yaitu pendekatan hukum, teknologi, ekonomi dan informasi. Sebagai contoh gerakan memakai helm. Pendekatan hukum menyediakan undang-undang untuk menempatkan orang-orang yang tidak memakai helm sebagai pelanggar hukum. Pendekatan teknologi membantu dengan melakukan inovasi sehingga masyarakat merasa nyaman, tidak terganggu, dan semakin praktis ketika mamakai helm. Pendekatan ekonomi mengarahkan pada kondisi bahwa ketika seseorang tidak memakai helm justru akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dibanding mereka yang memakai helm. Misalnya dengan membedakan biaya parkir pemakai helm dan bukan pemakai helm. Sedangkan pendekatan informasi memberikan pesan-pesan persuasif yang langsung ditujukan pada pengendara sepeda motor.

0 komentar:

Posting Komentar