Kamis, 14 Juni 2012

Tugas Dasar Kesehatan Lingkungan 1


11.  Terangkan apa yg dimaksud dgn teori perilaku kesehatan :
a.      The Health Belief Model
Menurut Rosenstock (1974, 1977), model The Health Belief Model dekat dengan Pendidikan Kesehatan. Konsepnya : Perilaku kesehatan merupakan fungsi dari pengetahuan dan sikap. Secara khusus bahwa persepsi sesorang tentang kerentanan dan kemujaraban pengobatan dapat mempengaruhi keputusan seseorang dalam perilaku kesehatannya.
b.      Theory of Self Efficacy ( Locus of Control)
Pada teori Self efficacy, diturunkan dari teori kognitif sosial (sosial cognitif theory) hal tersebut dikemukakan oleh Bandura (1986). Teori ini memandang pembelajaran sebagai penguasaan pengetahuan melalui proses kognitif informasi yang diterima. Dimana Sosial mengandung pengertian bahwa pemikiran dan kegiatan manusia berawal dari apa yang dipelajari dalam masyarakat. Sedangkan kognitif mengandung pengertian bahwa terdapat kontribusi influensial proses kognitif terhadap motivasi, sikap dan perilaku manusia. Secara singkat teori ini menyatakan, sebagaian besar pengetahuan dan perilaku anggota organisas digerakkan dari lingkungan, dan secara terus menerus mengalami proses berpikirterhadap informasi yang diterima. Hal tersebut mempengaruhi motivasi, sikap, dan perilaku individu. Sedang proses kognitif setiap individu berbeda tergantung keunikan karateristik personalnya.
Self Efficacy (efakasi diri) adalah persepsi / keyakinan tentang kemampuan diri sendiri. Menurut Noe et al (2000) self efficacy adalah tingkat kepercayaan karyawan, bahwa mereka dapat berhasil mempelajari isi program pelatihan. Bandura (1991) (dalam Davis, et al 2000) menyatakan bahwa self-efficacy adalah kepercayaan seseorang bahwa dia dapat menjalankan sebuah tugas pada sebuah tingkat tertentu, yang mempengaruhi aktifitas pribadi terhadap pencapaian tujuan.
c.       The Ecological Model of Health Behavior
Pada Teori Perilaku kesehatan (the ecological model of health behavior) yaitu hal-hal yang berkaitan dengan tindakan atau kegiatan seseorang dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Termasuk juga tindakan-tindakan untuk mencegah penyakit, kebersihan perorangan, memilih makanan, sanitasi, dan sebagainya.

2.      Apa kepanjangan dari PAPSMEAR?
Papanicolau test. Tes ini ditemukan oleh Georgios Papanikolaou. Tes ini merupakan tes yang digunakan untuk melakukan skrening terhadap adanya proses keganasan (kanker) pada daerah leher rahim (serviks).

32. Apa arti Health Advocacy?
Advokasi merupakan tindakan yang dilakukan untuk berusaha mempengaruhi pembuat keputusan. Analisis kebijakan kesehatan adalah apapun pilihan pemerintah untuk melakukan atau tidak, dalam mengambil kebijakan di bidang kesehatan berlandaskan atas manfaat yang optimal yang akan diterima oleh masyarakat. Sebelum melakukan analisis kebijakan kesehatan perlu dipahami terlebih dahulu mengenai sistem kesehatan.
Sumber: images.albadroe.multiply.com/.../0/.../kebijakan%20kesehatan.ppt?...

43. Terangkan apa yang dilakukan dalam
a.      California’s Tobacco Control Program
Misi dari California Tobacco Control Prpgram (CTCP) adalah untuk meningkatkan kesehatan semua California dengan mengurangi penyakit dan kematian dini diakibatkan oleh penggunaan produk tembakau. Melalui kepemimpinan, pengalaman dan penelitia.CTCP, memberdayakan seluruh negara bagian dan badan-badan kesehatan setempat untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup dengan menganjurkan norma-norma sosial yang menciptakan lingkungan yang bebas tembakau.
b.      The San Francisco AIDS prevention program
yang dilakukan adalah dengan analisis ini didasarkan pada tunggal 455 aktif secara seksual pria gay dan biseksual berpartisipasi di San Fransisco Men's Health Study (jumlah penduduk berdasarkan studi longitudinal satu laki-laki di San Francisco). Keyakinan kesehatan khusus untuk infeksi HIV dan AIDS dinilai pada tahun 1987. Jumlah pasangan seksual dan penggunaan kondom diukur pada dua belas bulan enam dan tindak lanjut. Risiko rendah didefinisikan sebagai saling monogami atau 100% penggunaan kondom. Longitudinal hubungan antara responden keyakinan.
c.       Mengapa dikatakan program-program ini sukses ?
karena program tersebut didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah serta semua lingkungan social yang berkaitan. Alasan yang mendukung lagi adalah karena penduduk disana tidak susah untuk diatur dan masih memperhatikan sisi kesehatan mereka sehingga mereka menyadari benar akan pentingnya program tersebut dan mau menjalankannya.

0 komentar:

Posting Komentar