Rabu, 08 Mei 2013

MACAM-MACAM PENELITIAN



PENELITIAN SURVEI
      ·         Dalam survey terdapat dua pihak       :
1.      Surveyor/Enumerator/Pewawancara/Interviewer
2.      Responden/Masyarakat
      ·         Diantara kedua pihak ada media        :
-          Kuisioner
-          Daftar Pertanyaan (Umur, Jenis, Kelamin, dll)
      ·         Responden dengan skala kecil(sampel) dilakukan survey menghasilkan data statistic
      Ex        :           penelitian jenis kelamin dengan hasil laki-laki 0,3
      ·         Data proporsi  :           data yang diambil dari sampel kemudian dibuat dalam bentuk prosentase
       Ex        :           penelitian jenis kelamin dengan hasil laki-laki 30%
      ·         Parameter        :           data diambil dari populasi
       Survei              :           data  diambil dari sampel
      ·         Metode Penelitian Survei        :
1.      Kuisioner per pos
Merupakan metode yang impersonal (obyektif) karena responden tidak berhubungan langsung dengan pewawancara.
Interviewer bias àdata tidak akurat à tidak informative         

Manfaat anonym yaitu cocok untuk penelitian yang membutuhkan kerahasiaan
Contoh      :           penelitian tentang penggunaan obat terlarang

Jawaban dari responden bias didukung dengan media lain (ex: gambar atau foto)
Jangkauan tergantung ada/tidaknya pos

Probing      :           menggali informasi yang lebih dalam
Survei membutuhkan sponsor, contoh      :           didanai oleh Depkes

Perlu kata pengantar sehingga bias memotivasi atau menarik perhatian responden
Untuk menentukan sampel lebih baik pilih kelompok yang homogeny
Ex  :           sampel dengan tingkat pendidikan minimal SMA

      Peneliti perlu mengirim 3x selang seminggu kepada responden yang tidak menjawab kuisioner.
      Agar tidak merepotkan responden, peneliti wajib menyertakan amplop jawaban untuk  responden.
     
2.      Wawancara pribadi
Bersifat personal
Macam-macam wawancara pribadi           :
a.       Wawancara Terstruktur/ Terjadwal
Sangat ketat
Bias menggunakan surveyor tetapi juga membutuhkan pelatihan
Pakai daftar pertanyaan agar jawaban dari responden seragam
Ex        :           umur dalam tahun

b.      Wawancara Terstruktur Tidak Terjadwal
Open minded
Medium           :           pertanyaan hanya ditulis poin-poinnya saja

c.       Wawancara Tak Terstruktur/ Tak Terjadwal
Sangat longgar  dan bias open minded
Sangat cocok untuk Penelitian Kualitatif
Harus dilakukan oleh peneliti sendiri
            Prinsip :
-          Pewawancara harus sadar jika responden membutuhkan suasana yang kondusif
-          Peneliti menyampaikantujuan dan manfaat sebelum melakukan wawancara, terutama manfaat bagi orang banyak
-          Peneliti harus mampu mengatasi hambatan (ex: pada responden yang kurang bersahabat)

            Samplin Probabilitas   :           sudah ditentukan sampel dari awal jika ditambah sampel lagi menjadi 
            sampling non probabilitas, karena          :
-          Kemungkinan terjadi bias
-          Peluang menjadi kecil

3.      Wawancara per Tilpon
                   Bersifat semi personal (semi obyektif-subyektif)
                   Memakai telpon rumah
                   3 digit pertama, berbasis populasi (meliputi area)
                   4 digit terakhir, sebagai kerangka sampling (frame) 0000-9999


      ·         Paling mahal biayanya untuk Wawancara pribadi karena       :
-          Membutuhkan biaya pelatihan surveyor
-          Membutuhkan biaya untuk buku panduan wawancara


PENELITIAN KUALITATIF
      ·         Teori Verstlen
       Peneliti merasakan apa yang dirasakan responden
      ·         Interaksionis Simbolik
      Menjelaskan makna dari kata, tindakan atau tanda
      ·         Penelitian Kesehatan
       Terdapat istilah “tabu” yang berkaitan dengan aspek budaya
      ·         Makna Sosial à Penelitian Kualitatif
       Fenomena Sosial à Penelitian Kuantitatif

0 komentar:

Posting Komentar